Lihat Daftar Isi Blog

Sabtu, 23 Maret 2013

Review Anime Movie - Kumo no Mukou, Yakusoku no Basho

Moshi moshi^^
Saya mau review movie lamanya Makoto Shinkai, hohoho. Saya udah pernah review Hoshi wo Ou Kodomo. Dan 5 cm/s kayaknya udah jadi mainstream, jadi gak perlu dibahas lah. Jadi ceritanya saya lagi berjalan-jalan santai di my anime list, dan menemukan anime ini. Pertama sih tertarik sama gambarnya, pas dibuka, eh.. ada nama Makoto Shinkai. Cuzz deh, langsung nonton dan review!

Ini gambar yang bikin saya tertarik nonton anime ini..

 
Japanese: 雲のむこう、約束の場所 ; Kumo no Mukou, Yakusoku no Basho ; Beyond the Clouds, The Promised Place
Type: Movie
Episodes: 1
Status: Finished Airing
Aired: Nov 20, 2004
Producers: ADV FilmsL, CoMix Wave
Genres: Drama, Romance, Sci-Fi, Military
Duration: 1 hr. 30 min.
Rating: PG-13 - Teens 13 or older
Score: 8.13
SINOPSIS
Cerita ini bersetting di Hokkaido Jepang dimana pada saat itu Hokkaido terbagi menjadi dua wilayah.  Di salah satu wilayah terdapat sebuah menara misterius yang sangat tinggi. Entah apa yang ada di dalam menara tersebut, yang pasti menara itu dijaga oleh pasukan persekutuan.

Hiroki dan Takuya adalah dua sahabat yang sangat terobsesi dengan menara itu. Mereka bahkan sampai bekerja paruh waktu di sebuah pabrik untuk membuat pesawat agar bisa pergi ke menara. Suatu hari, Sayuri, teman sekolah mereka ingin melihat tempat Hiroki dan Takuya bekerja. Jadilah mereka pergi ke sana dan akhirnya Sayuri mengetahui tentang pesawat itu. Itulah awal terucapnya janji mereka, bahwa suatu saat mereka akan mengajak Sayuri ke menara itu.

Namun tiba-tiba Sayuri menghilang. Tenyata dia sedang tidur dan tidak bisa terbangun. Karena menghilangnya Sayuri, semangat Hiroki dan Takuya pun memudar. Tanpa disadari mereka telah terpisah, dan tidak ada yang mengurus pesawat mereka lagi. Setelah itu, Hiroki sering mendapat mimpi tentang Sayuri yang terjebak di sebuah dunia paralel. Hiroki pun dihadapkan pada dua pilihan, menyelamatkan Sayuri, atau menyelamatkan dunia!

Cerita ini diadaptasi dari manga dengan judul yang sama. Kata yang udah baca sih penggambarannya sama fantastiknya dengan yang di anime.

Jadi, apa yang menarik?

Yah, karena ini karya Makoto Shinkai, bisa ditebak yang paling sasuga adalah art-nya! Penggambaran langit yang fantastik, lighting terkesan sangat real, dan juga penggambaran benda-benda yang sangat mendetail. Pokoknya khas Makoto banget! Yah, Anime Makoto memang bukan tipe anime yang grafiknya lembut. Grafiknya lebih menggunakan warna-warna yang keras, jadi terkesan 'wah' banget.

Buat yang suka Fisika, nonton anime ini bisa menambah pengetahuanmu tentang fisika, hoho.. Yah, banyak ngomongin gelombang-gelombang gitu sih. Yang pasti bikin mikir lah.

Dari segi cerita, sudah mengalir dengan bagus. Di beberapa bagian, alurnya mungkin terkesan terlalu cepat, tapi kayaknya memang disengaja seperti itu. Jadi ada bagian-bagian yang menag tidak diceritakan detail ceritanya karena detailnya akan disampaikan di bagian yang lain. Oke, ini memang bukan alur flash back. Tapi sebagai cerita yang mengguanakan alur maju, ceritanya nggak flat-flat aja. Malah menurut saya alurnya menarik, nggak bikin bingung.
Siap-siap dikejutkan ya sama akhir ceritanya. Prediksiku tentang akhir cerita ini sebenernya salah lho! Kukira bakalan segalau movie-movie lainnya, ternyata... Gimana ya? Antara Happy ending dan Sad ending. Menjelang akhir cerita kayaknya bakal happy ending. Nah pas bener-bener di akhir ceritanya... Ah, kalau saya jelasin ntar spoiler abis-abisan, jadi mendingan tonton sendiri deh! Happy ending atau sad ending semua itu tergantung dari pandangan penonton. Kalau menurut saya pribadi sih tetep bikin galau kok.

Romance-nya? Saya kira ini bakal jadi cerita cinta segitiga atau apalah, ternyata enggak. Center romance di anime ini ada pada Hiroki dan Sayuri. Romance-nya lebih menceritakan tentang rasa percaya satu sama lain. Yang pasti romance-nya nggak mengecewakan. Nggak cuma romance kok yang menarik, anime ini juga mengajarkan tentang nilai persahabatan.

And the last, music! Diisi oleh Kawashima Ai dengan judul "Kimi no Koe". Baca liriknya aja bikin galau. Dan musiknya yang lembut membuat hati jadi tengang, ceileh, wkwkwk..

SEIYUU SEIYUU!! >_<

Well, seiyuu-nya bukan seiyuu-seiyuu epic kayak di movie-movie lainnya sih. Tapi tenang, tetap dibahas kok!

1. Yoshioka Hidetaka as Fujisawa Hiroki.

Yoshioka Hidetaka hanya menjadi seiyuu di dua anime saja, yaitu anime yang saya review ini dan "Tezuka Osamu no Buddha: Akai Sabaku yo! Utsukushiku". Dia ini peraih 42nd Television Drama Academy Awards: Best Actor for Dr. Koto Shinryojo pada tahun 2003. Dia memang nggak terlalu mendalami bidang per-seiyuu-an dan lebih aktif sebagai aktor dan penyanyi.
2. Hagiwara Masato as Shirakawa Takuya
Walaupun anime yang dibintanginya bisa dibilang sedikit, tapi dari semua anime itu dia paling banyak jadi main character lho! Diantaranya di anime Akagi sebagai Akagi Shigeru dan One Outs sebagai Tokuchi Toua. Sama seperti Yoshioka Hidetaka, dia juga lebih banyak aktif sebagai aktor.
3.  Nanri Yuuka as Sawatari Sayuki

Nah kalau yang ini benar-benar seiyuu, I mean, dia nggak berprofesi sebagai aktris. Dia mengisi suara di beberapa anime seperti Hourou Musuko sebagai Chiba Saori, Macross Zero sebagai Nome Mao, dan Sakamichi no Apollon sebagai Mukae Ritsuko. Dia juga seorang penyanyi profesional yang telah mengeluarkan 5 single, 1 mini album, 1 album, dan beberapa album kompilasi.

Spoiler Alert!

Aww, betapa sasuga art-nya!













Iya, benar-benar pemandangan yang indah..
Pertemuan yang indah.. Tears out, tears out! Well, spoiler saya sudah keterlaluan XD














Yang mau download, tenang, sudah saya carikan link-nya..




Okay, segini dulu..
Nantikan review selanjutnya!
Ja ne!

source:
- myanimelist.com
- japandown.com
- anime shichi

5 komentar:

  1. did you know... this is another MAKOTO SHINKAI....

    another of mainstream "Galauers anime"..

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang :v
      emang niatnya lagi pengen nggalau kok reviewersnya hahahha

      Hapus
    2. posting sekalian manga nya yah,,, wkakakakakak..
      biar double galau nya...

      Hapus
  2. Kalau bukan cinta segi tiga atau NTR ane sruput gan, makasih infonya

    BalasHapus