Lihat Daftar Isi Blog

Kamis, 03 Januari 2013

Review Anime - Jigoku Shoujo

Yami ni madoishi awarena kage yo.. Hito o kizutsuke otoshimete.. Tsumi ni oboreshi gō no tama.. Ippen... shindemiru? 
"Hei bayangan menyedihkan yang tersesat dalam kegelapan.. Selalu memandang rendah orang lain.. Jiwa yang tenggelam dalam dosa.. Mau mencoba kematian?"

Ada yang tahu itu kata-katanya siapa?
Itu adalah kata-kata andalannya Enma Ai. Siapa itu Enma Ai?
Seorang gadis neraka. Apa itu gadis neraka?
Aaah, nanya terus, langsung review saja!





Title                 : 地獄少女, Jigoku Shoujo, Hell Girl
Type                : TV
Episodes         : 26
Status             : Finished Airing
Aired              : Oct 5, 2005 to Apr 5, 2006
Producers      : Aniplex, Studio Deen, FUNimation EntertainmentL, SKY Perfect Well Think
Genres            : Mystery, Horror, Supernatural, Psychological
Duration        : 25 min. per episode
Rating            : R - 17+ (violence & profanity)
Semua diawali dengan munculnya sebuah situs neraka (Hell Link) yang hanya bisa diakses pada tengah malam.  Orang-orang yang menggunakan situs tersebut adalah orang-orang yang mempunyai dendam kepada orang lain. Jika mereka ingin mengirim orang yang dibenci ke neraka, maka mereka harus menuliskan nama orang yang mereka benci ke dalam situs tersebut.

Jika sebuah permintaan akan dikabulkan, Enma Ai, seorang gadis neraka, akan mendatangi orang yang ingin membalas dendam secepatnya. Biasanya kemunculannya ditandai dengan datangnya SMS yang akan mengubah layar HP menjadi merah. Kemudian Enma Ai akan muncul dengan seragam sekolahnya dan memberi sebuah boneka jerami dengan benang merah melilit di leher boneka itu. Jika orang tersebut serius ingin balas dendam, mereka harus menarik benang itu. Namun dengan ditariknya benang itu, mereka juga menanggung resiko, yaitu mereka akan pergi ke neraka setelah mati dan tidak akan pernah melihat surga.

Jika seseorang telah membuka benang itu Enma Ai akan mendatangi target dengan ketiga pengawalnya, yaitu Hone Onna, Wanyuudou, dan Ichimoku Ren. Mereka akan membuat si target ketakutan, dan setelah itu Enma Ai akan berubah ke mode Gadis Neraka, dengan kimono hitam bermotif bunga warna-warni. Dan ia akan mengucapkan kata-kata kutukannya seperti yang saya tulis di atas dengan raut wajah yang dingin dan mengerikan.

Setelah itu si target akan tersadar di dalam sebuah perahu yang akan membawanya ke neraka. Perahu itu didayung oleh Enma Ai sendiri. Dan Enma Ai juga akan mencatat nama si pembalas dendam ke sebuah lilin. Itu menandakan bahwa saat ia mati, jiwanya akan dibawa ke neraka.

Begitulah kira-kira jalan cerita Jigoku Shoujo. Sekarang, kita akan membahas tokoh-tokoh dan seiyuu-nya.

1. Enma Ai
Enma Ai adalah gadis berambut hitam panjang dengan poni rata. Dia adalah seorang gadis neraka. Biasanya ia memakai seragam sekolah berwarna hitam, tetapi saat melakukan tugasnya, ia akan datang dengan kimono hitam bermotif bunga warna-warni. Enma Ai sendiri mempunyai masa lalu yang kejam. Semasa hidupnya ia dikucilkan di hutan, dan ia dikubur hidup-hidup oleh orang yang dicintainya.

Seiyuu dari Enma Ai adalah Noto Mamiko. Dia juga merupakan seiyuu dari Felicita (Arcana Famiglia), Ichinose Kotomi (Clannad), Kuronuma Sawako (Kimi ni Todoke) dan banyak karakter lainnya.

2. Hone Onna
Hone Onna adalah pengawal Enma Ai yang berwujud wanita cantik. Ia bertugas untuk menyelidiki target dendam. Biasanya ia menyamar menjadi manusia normal untuk menjalankan tugasnya. Seiyuu-nya adalah Honda Takako, yang katanya adalah seiyuu yang postur tubuhnya paling tinggi. Dalam anime, dia lebih sering memainkan chara cowok. Contohnya saja dia menjadi Inspektur Shiratori di Detective Conan!

3. Ichimoku Ren
Inilah chara favorit saya <3. Ichimoku Ren digambarkan dengan lelaki tampan dengan satu mata tertutupi oleh rambut. Satu mata yang tertutup rambut itu digunakan untuk memata-matai target, Jadi kalau kalian nonton anime ini dan menemukan ada sebuah mata besar menempel di dinding, itu adalah matanya Ren. Ichimoku Ren juga sering menyamar menjadi manusia seperti Hone Onna. Seiyuu-nya adalah Matsukae Masaya. Untuk perannya di anime lainnya, dia adalah pemeran Mikami Teru di Death Note!

4. Wanyuudou
Tokoh ini digambarkan sebagai lelaki tua. Dia yang menjelma menjadi boneka jerami yang diberikan Enma Ai kepada si pembalas dendam. Seiyuu-nya adalah Sugou Takayuki. Dia tidak terlalu sering muncul sebagai peran utama, jadi saya nggak terlalu ngerti tentang anime yang dibintanginya. Tapi kalau pengen tahu bisa dicek di sini!

Yang ga kalah keren dari anime ini adalah lagu opening dan endingnya. "Sakasama no Chou" by Snow dan "Karinui" by Mamiko Noto. Kalu mau bisa download di sini.

Oh iya, Jigoku Shoujo ini adalah sekuel pertama. Sekuel keduanya adalah Jigoku Shoujo Futakomori, dan sekuel ketiganya adalah Jigoku Shoujo Mitsuganae. Tapi karena dua sekuel lainnya belum saya tonton, jadi review-nya ini dulu, deh! :)

Yups, begitulah kira-kira garis besar anime Jigoku Shoujo. Yang pasti kalau kalian pecinta horror dan misteri, anime ini sangat direkomendasikan! Bisa mengingatkan kita akan adanya neraka. Anime ini juga banyak banget nilai kehidupan yang bisa kita ambil lho!

Awas, jangan buka Situs neraka tengah malam nanti! hehehe...

*credit:
- myanimelist.net
- anime-mp3.com

2 komentar:

  1. enma ai kok prasaan sma persis mukanya sma sanka rea ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk, masa sih?
      menurutku beda gaya rambut sama lebih tinggian Sanka Rea, Enma Ai juga sedikit lebih chubby^^

      Hapus